Apakah Anda pernah mengkonsumsi makananJepang? Atau Anda memang menyukai makanan Jepang?

Sebagaimana Anda ketahui bahwasanya Jepang merupakan salah satu negara terbaik dengan makanannya, tidak hanya di Asia, tapi di dunia.

Atau Anda mungkin mengenal sebutan makanan ini seperti takoyaki, sushi, sashimi, soba, onigiri, tempura, dan masih banyak lagi.

Ada fakta yang menyebutkan, bagi kebanyakan orang Jepang yang bepergian ke luar kota asalnya, makanan seringkali menjadi salah satu motivasi utama untuk bepergian.

Kali ini, saya akan menjabarkan beberapa makanan Jepang yang perlu Anda ketahui lebih lanjut.


Beras

Setelah diperdagangkan sebagai mata uang, beras telah menjadi makanan pokok bagi orang Jepang selama lebih dari 2.000 tahun dan masih menyertai atau membentuk dasar dari banyak makanan.

Memanen padi sangat padat karya dan orang Jepang diingatkan akan hal ini sejak usia sangat muda, itulah sebabnya nasi jarang terbuang dan sisa nasi dimanfaatkan dengan baik.

Selain sushi, hidangan populer termasuk donburi (ikan rebus, daging, atau sayuran yang disajikan di atas nasi), onigiri (paket kecil nasi yang dibungkus rumput laut kering), kayu (bubur nasi), mochi (kue beras tumbuk) dan chazuke (nasi matang ). dengan teh hijau sering disajikan dengan salmon atau cod roe), untuk beberapa nama. 

Makanan musiman & lokal

Jepang sangat bangga dengan empat musimnya yang sangat khas dan setiap musim menandai awal dari sajian yang lebih lezat. Hal ini sangat terlihat di supermarket, hotel dan losmen dan restoran di mana menu sering diubah untuk mencerminkan apa yang tersedia dan apa yang sedang musim.

Faktanya, ada begitu banyak variasi makanan yang ditawarkan sehingga tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa banyak orang Jepang akan kesulitan untuk menyebutkan (misalnya) semua varietas rumput laut, jamur, dan ikan yang tak terhitung jumlahnya di rak-rak toko lokal mereka.

Masakan Kaiseki (kaiseki ryori) adalah hidangan kecil yang berisi hingga 12 hidangan yang disajikan dengan indah berupa hidangan kukus, direbus atau dipanggang, irisan sashimi ikan mentah, tempura, sup, nasi, acar, dan makanan penutup kecil. Hidangan biasanya mencerminkan apa yang tersedia dan sesuai musim. Kyoto adalah tempat yang tepat untuk menikmati suguhan indah ini untuk semua indra.  

Berkat berbagai macam makanan khas daerah (dikenal sebagai meibutsu dalam bahasa Jepang), tidak ada kekurangan restoran yang didedikasikan untuk menyajikan hidangan lokal dengan bangga.

Salah satu hidangan daerah yang paling terkenal adalah okonomiyaki (sejenis panekuk gurih) yang terkenal di Hiroshima dan Osaka. Perjalanan ke Hiroshima tidak lengkap tanpa mengunjungi Okonomimura (desa okonomiyaki) di mana menyaksikan para koki menyiapkan makanan sama menyenangkannya dengan mencicipi kelezatan daerah yang unik ini.

Ikan

Wajar untuk mengatakan bahwa ikan merupakan bagian integral dari makanan Jepang. Baik itu dimakan hampir hidup (odorigui - masih menari!) mentah (nama atau sashimi), dipanggang (yaki) atau digoreng (tempura), tampaknya orang Jepang telah mencoba dan menguji setiap metode persiapan yang mungkin.

Berbagai macam ikan yang ditawarkan cukup membingungkan. Jika Anda seorang pecinta ikan maka perjalanan ke Pasar Ikan Tsukiji (pasar grosir ikan dan makanan laut terbesar di dunia) adalah suatu keharusan untuk sarapan pagi dari beberapa sushi segar di dunia. Bagi mereka yang tidak menyukai suara sarapan ikan di pagi hari, ada banyak restoran sushi dengan ban berjalan (kaiten zushi) di seluruh Jepang.

Daging & bahan makanan lainnya

Tentu saja persembahan makanan di Jepang jauh lebih dari sekedar ikan. Jepang memiliki berbagai macam buah dan sayuran, berbagai macam hidangan mie (termasuk satu hidangan yang disajikan dengan es!) dan beberapa toko kue terbaik di luar Prancis (ada yang mengatakan yang terbaik di dunia, meskipun orang Prancis mungkin membantahnya! ).

Kobe dengan deretan kafenya yang indah adalah tempat yang tepat bagi mereka yang menyukai makanan manis. Daging sapi Kobe, kelezatan yang terkenal di seluruh dunia dihasilkan dari sapi yang dibesarkan menurut tradisi yang ketat dan memberikan rasa luar biasa yang meleleh di mulut Anda. Namun, bersiaplah untuk membayar satu tangan dan satu kaki untuk steak daging sapi Kobe asli di restoran yang bagus!

Vegetarian

Jika semuanya sejauh ini terdengar sedikit berorientasi daging dan ikan, jangan khawatir - ada banyak pilihan vegetarian di Jepang. Faktanya makan daging dilarang di Jepang selama lebih dari seribu tahun sebelum tahun 1868!

Cobalah zaru soba (mie gandum hitam yang disajikan dingin dengan saus celup), semangkuk udon (mie kental) dalam sup sayuran pegunungan, steak tahu, atau okonomiyaki. Jika Anda suka berpetualang, Anda bisa mencoba natto -  ramuan lengket dan sedikit berbau yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi. Orang Jepang menyamakannya dengan marmite - Anda akan menyukainya atau membencinya.

Makan di luar

Makan di Jepang sama tentang pengalamannya dengan makanannya. Banyak restoran Jepang mengkhususkan diri pada satu jenis makanan tertentu dan ada banyak gaya berbeda yang tak terhitung jumlahnya termasuk restoran kaiten-zushi yang terkenal yang sekarang semakin populer di barat.

Lainnya termasuk restoran yang mengkhususkan diri pada tusuk sate (kushiyaki), ramen (mie dalam kaldu), tempura (ikan atau sayuran goreng), BBQ ala Korea masak sendiri (biasanya dengan hotplate di meja), teriyaki ( daging sapi/ayam/ikan yang diasinkan di atas hot plate), sukiyaki (irisan tipis daging sapi, tahu dan sayuran yang dimasak dengan kecap lalu dicelupkan ke dalam telur), dll. Daftarnya terus berlanjut.

Jangan mengesampingkan makanan festival, yang menawarkan berbagai makanan menarik termasuk takoyaki (potongan kecil gurita yang dimasak dalam pangsit seperti adonan roti), kakigori (es serut), dan okonomiyaki untuk beberapa nama. 

Jika Anda menginginkan pilihan yang lebih umum, maka tempat terbaik untuk dikunjungi adalah izakaya (pub Jepang) di mana Anda akan menemukan banyak pilihan makanan dan minuman yang cukup murah. Izakaya sering menawarkan penawaran tabehodai atau nomihodai - dengan harga tertentu Anda mendapatkan satu atau dua jam untuk makan atau minum sepuasnya. Memilih dengan tepat apa yang akan dimakan menjadi lebih mudah dengan menu yang diilustrasikan dengan baik atau pajangan makanan plastik di ambang pintu yang akan dibanggakan Madame Tussaud - cukup tunjuk dan lihat apa yang Anda dapatkan.

Dari negara yang bertahan dengan pola makan terutama ikan dan sayuran lebih dari seabad yang lalu, Jepang telah mencapai tahap di mana sekarang ada sejumlah rantai restoran cepat saji terkenal yang tersedia untuk dipilih. Restoran keluarga bergaya Jepang (famiresu) yang sering didasarkan pada konsep rantai barat juga patut untuk dilihat.

Tidak seperti rekan-rekan mereka di barat, restoran keluarga di Jepang menawarkan nilai yang sangat baik, makanan lezat dan layanan yang luar biasa. Beberapa restoran yang lebih dikenal adalah Gusto, Coco-ichi (berspesialisasi dalam kari gaya Jepang) dan Joyfull (terutama ditemukan di barat Jepang). Tentu saja restoran Jepang juga selalu sangat bersih. Bagi mereka yang menyukai makanan Korea dan Cina, ada juga banyak pilihan yang ditawarkan.

Sumber : insidejapantours.com